Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Beserta Gambar

iklan
iklan fluid
Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina akan kami rangkum disini dengan jelas dan gamblang, memang ikan louhan atau Amphilophus Trimaculatus merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tergolong dalam kegiatan famili Cichidae diddalam Ordo Perciformes. Biasanya ikan ini banyak dipelihara di akuarium karena sisik yang terlihat unik serta memiliki benjolan pada kepala ikan lohan yang menjadi ciri khas ikan tersebut.

Habitat asli ikan louhan berada di Malaysia dan Taiwan, dengan temperatur suhu sekitar 30-32 derajat celcius serta tingkat keasaman 7,4 hingga 8 menjadikan ikan louhan akan tumbuh dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan louhan merupakan ikan yang agresif layaknya ikan jupang, jadi jangan sekali-kali memasukkan 2 ikan jantan kedalam 1 wadah karena nanti salah satunya mungkin akan mati. Namun apabila hendak membudidayakan dan memijahkan ikan louhan , bisa memasukkan pasangan kedalam satu wadah.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina 


Untuk mempertemukan pasangan ikan louhan, perlu anda ketahui Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina cukup sulit. Nah, untuk itu kami situs Budidaya Ikan Hias akan merangkum Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina sebagai berikut.

1. Membandingkan Karakter Fisik


Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membedakan ikan louhan jantan dan betina adalah membandingkan karakter fisik ikan, memang secara garis besar ukuran ikan luhan jantan lebih besar dari pada ikan louhan betina. Benjolan ikan louhan jantan pun lebih panjang dan lebih lebar dari pada benjolan yang diiliki ikan louhan betina. Ciri khusus untuk ikan louhan betina adalah dibagian perutnya terdapat semacam vent yang agak menonjol , jadi mudah untuk membedakan ikan louhan jantan dan betina. Sedangkan untuk ikan louhan hasil keturunan dari Cichlasoma Trimaculatum, betinanya terdapat bintik hitam dibagian sirip punggungnya.
Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina


2. Mengamati Organ Kelamin

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina


Langkah kedua untuk mengetahui perbedaan antara ikan louhan jantan dan betina adalah dengan mengamati organ kelaminnya, apabila mengalami kesulitan dengan cara yang pertama yaitu membandingkan karakter fisiknya, anda bisa menggunakan cara kedua. Ikan louhan jantan ditandai dengan adanya alat kelamin yang dimiliki ikan, ikan louhan jantan memiliki kelamin dengan bentuk benjolan yang keluar, dan untuk kelamin ikan louhan betina tampak dengan cekungan. Ciri khusus lagi, bahwa kelamin ikan louhan jantan akan mengeluarkan cariaran berwarna keputih-putihan apabila di urut, dan bagi ikan betina akan mengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan.

3. Memperhatikan Tingkah Laku


Cara yang terakhir adalah dengan memperhatikan tingkah laku yang dilakoni ikan louhan, apabila anda perhatikan dengan seksama, tingkah laku ikan louhan jantan dan betina memiliki perbedaan. Untuk ikan jantan memiliki tingkah laku aktif dan gerak yang lincah sekali, sedangkan ikan louhan betina sebaliknya dengan gerak yang lemah lembut dan gemulai.

Ketiga Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina yang kami paparkan diatas cukup mudah dan simple, apabila anda masih ragu dalam memutuskan jenis kelaminnya, maka anda bisa menggunakan ketiga cara diatas. Setelah bisa membedakan ikan louhan jantan dan betina, lanjut pembahasan mengenai Cara Budidaya Ikan Louhan dengan mudah.

iklan auto relax

Post a Comment

0 Comments